YOU ARE WHAT YOU WRITE

Welcome To My World

Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Sabtu, 18 Desember 2010

Perkembangan Game Sampai Saat Ini

Diposting oleh ron917

PENDAHULUAN

Game, game apabila kita artikan dalam bahasa Indonesia adalah permainan, mendengar kata game kita jadi teringat masa kecil kita bukan ??. Memang game merupakan sebuah kegiatan atau permainan yang sering dimainkan anak kecil, lalu apakah hanya anak kecil yang pantas bermain game??. Seiring perkembangan zaman game tidaklah seperti game atau permainan-permainan tradisional dahulu seperti petak umpet,kelereng dll. Game, sekarang sudah mengalami revolusi yang pesat, banyak game yang sudah hampir menyerupai gerakan-gerakan dan tingkah laku seperti manusia atau kita bermain game seolah-olah game itu nyata seperti apa yang kita perintahkan. Dan bagaimana sejarah dan awal mula game tersebut?? disini saya akan menjelaskan sedikit tentang sejarah game console dan awal mulanya ditemukan game sampai game pada masa ini.

Sejarah Game Console

Game console bukanlah sebuah barang baru, meskipun istilahnya sendiri baru akrab diperdengarkan. Game console sudah ada sejak dua puluh tahun yang lalu. Dan apa yang dikatakan  game console sebenarnya tidak lebih canggih dengan komputer yang mungkin saja anda gunakan sebagai PC di rumah atau kantor.
Video game berawal dari pengembangan tabung sinar katoda yang terdapat dalam sistem peluru pertahanan pada akhir Perang Dunia II. Program-program ini kemudian diadaptasi ke dalam bentuk permainan sederhana. Pada 1947 Thomas Toliver Goldsmith Jr dan Estle Ray Mann menciptakan permainan simulator rudal Cathode Ray Tube Device Amusement. Permainan ini terinspirasi dari kecanggihan radar Perang Dunia II. Inilah game elektronik pertama yang tercatat dalam sejarah. Meski memiliki unsur permainan, game ini tak popular. Penggunaannya terbatas untuk kepentingan simulasi latihan militer. Tampilannya juga masih sederhana; belum berwarna dan hanya mengeluarkan suara “tat-tit-tut”. Baru pada 1970-an game elektronik bisa dinikmati di rumah-rumah. Ralph Baer, seorang Jerman berdarah Yahudi, mendesain video game rumahan pertama dengan prototipe bernama Brown Box. Baer menjual idenya ke perusahaan Magnafox. Prototipe Baer kemudian dirilis ke pasar dengan nama Magnafox Odyssey. Produk ini berisi 16 game built-in yang dapat diganti-ganti dengan menggunakan sebuah switch. Ralph Baer kemudian tercatat sebagai “bapak game dunia”.Popularitas video game kian menanjak ketika pengusaha Nolan Bushnell mendesain mesin game koin (arcade) pertama di dunia bernama computer space –di Indonesia popular dengan sebutan Ding-Dong. Bushnell kemudian membuat game simulasi ping-pong yang diberi nama Pong. Game ini laku keras di pasaran. Hampir setiap keluarga di Amerika bermimpi bisa membeli game ini. Di berbagai taman hiburan dan kafe, Pong bahkan harus dibongkar setiap 24 jam sekali untuk mengeluarkan koin yang berjejalan. “Selama puluhan tahun, orang Amerika lebih banyak menghabiskan uangnya untuk sistem home video game dan di tempat-tempat permainan Ding-Dong daripada untuk menonton film atau musik –jumlah totalnya mencapai lebih dari sebelas milyar dolar,” tulis Roger Fidler dalam Mediamorfosis.

Era Atari

Belum puas dengan Pong, Bushnell meluncurkan Atari 2600, video game pertama yang berbasis konsol, Atari 2600 adalah video game console yang dirilis pada bulan Oktober 1977 oleh Atari, Inc . Hal ini dikreditkan dengan mempopulerkan penggunaan microprosesor berbasis hardware dan cartridge  berisi kode permainan, daripada harus non-microprocessor khsus perangkat keras dengan semua game built in. Game konsol pertama untuk menggunakan format ini adalah Fairchild Channel F, namun Atari 2600 dikreditkan dengan mempopulerkan plug-in konsep antara game-playing publik.
Konsol awalnya dijual sebagai Atari VCS, untuk Video Computer System. Mengikuti rilis dari Atari 5200 , pada tahun 1982, VCS diubah namanya "Atari 2600", setelah Atari bagian nomor's unit, CX2600. 2600 ini biasanya dibundel dengan dua joystick pengendali dan permainan kartrid-awalnya combat dan kemudian Pac-Man.
Setelah sukses pada generasi pertama atari tidak menyerah sampai disitu saja untuk memajukan dunia game elektronik pada generasi kedua muncullah atari 7800 konsol ini dirilis pada juni 1986 pada atari 7800 ini ada sedikit kemajuan dengan menambahkan joystik sehingga user dapat lebih mudah untuk memainkan konsole game ini namun pada masanya harga dari konsole game ini selangit yaitu $140 pada jamannya mungkin ini menjadi salah satu permainan termahal Atari 7800 yang sering disebut-sebut sebagai pelopor penggunaan joystick.

Era NES

 NES Nintendo entertaintment System nah inilah konsole permainan pertama kali yang menggunakan 8 bit nah nintendo ini menghasilkan produk produk game yang lain daripada yang lain salah satu game yang compatible dengan NES ini adalah super mario bros. NES juga menjadi game console paling populer saat itu di Asia dan Amerika Utara, NES membantu menghidupkan kembali industri permainan video setelah kerobohan permainan video tahun 1983, dan menetapkan seluruh standar bagi konsol-konsol berikutnya mulai desain permainan (game platform modern pertama, Super Mario Bros) sampai ke pola bisnis. NES merupakan game konsol  pertama dan disambut terbuka pada pengembang pihak-ketiga.


Era Sega

NES laris manis dengan super marionya lalu muncul lagi konsole game Sega Mega Drive sega mega drive ini merupakan generasi ke tiga dari dunia game sega menggunakan 16 bit dan dirilis pada tahun 1988, kalau tadi nintendo dikenal dengan super mario brossnya sega juga tidak mau kalah dengan mengeluarkan game sonic the hedhog, Sega adalah pengembang perangkat lunak video game yang bermarkas di Ōta, Tokyo, Jepang. Sebelumnya, Sega juga pembuat komputer rumah dan video game konsol. Perusahaan ini sukses di pasar mesin permainan Arcade dan konsol permainan video untuk rumah. Akan tetapi, pada awal 2001, setelah menderita akibat buruknya penjualan Dreamcast dan menurunnya pendapatan perusahaan, mereka melakukan restrukturisasi perusahaan dan memutuskan untuk meninggalkan bisnis konsol video permainan karena mengalami kerugian. Mereka lantas mengonsentrasikan bisnisnya pada pengembangan perangkat lunak untuk berbagai konsol permainan yang lain.
Kantor utama Sega, sekaligus kantor divisi utamanya terletak di Ota, Tokyo, Jepang. Kantor divisi Eropanya terletak di wilayah Brentford, London. Kantor divisi Amerika awalnya bermarkas di San Francisco, California kemudian dipindahkan ke Redwood City, California pada 1999. Sega Australia bermarkas di Sydney, New South Wales. Kantor Sega Korea terletak di Jongno, Seoul, Korea. Selain di negara-negara tersebut, Sega juga mewakili kantor perwakilan di Prancis, Jerman, Belanda, Spanyol, dan Itali.
Pada 1 November 2000, Sega mengubah nama perusahaannya dari Sega Enterprises, Ltd menjadi Sega Corporation.Orang-orang menganggap Sega merupakan pesaing terberat Nintendo saat perang konsol di kelas 8 bit dan 16 bit.

Era Playstation

Playstation
pada generasi ke empat dari sejarah game produksi game semakin berkembang pesat salah satu contoh pada generasi ke empat ini lahirlah playstation merupakan salah satu game konsole terlaris dan terbaik di indonesia bahkan di dunia merupakan terobosan baru di dunia game dengan menggunakan 32 bit.

PlayStation adalah game konsol grafis dari era 32 bit. Pertama kali diproduksi oleh Sony sekitar tahun 1990. PlayStation diluncurkan perdana di Jepang pada 3 Desember 1994, di Amerika Serikat 9 September 1995 dan Eropa 29 September 1995. PlayStation menjadi sangat terkenal sehingga membentuk "Generasi PlayStation". Dari sekian banyak game PlayStation, beberapa yang terkenal adalah: Tomb Raider, Final Fantasy, Resident Evil, Tekken, Winning Eleven, Gran Turismo, Crash Bandicoot, Spyro dan seri Metal Gear Solid. Pada 18 Mei 2004, Sony telah memproduksi 100 juta PlayStation dan PSOne ke seluruh dunia. Pada Maret 2004, sebanyak 7.300 judul permainan telah tersedia dengan jumlah akumulasi 949 juta. Tidak puas dengan Psone, Sony mulai gencar untuk meningkatkan produknya dengan mengeluarkan PS 2.

PlayStation 2 adalah video game konsol kedua yang dikeluarkan oleh Sony setelah Playstation. Pengembangannya pertama kali diumumkan pada bulan April 1990 dan dilempar ke pasar pertama kali pada tanggal 4 Maret 2000 di Jepang. Adapun di Amerika Seriat, konsol ini dipasarkan pertama kali pada tanggal 26 Oktober 2000. Pada tahun pertama peredaran PlayStation 2, konsol ini mengalami penjualan yang tidak mengejutkan dibanding konsol Playstation, tetapi lama kelamaan konsol ini berhasil merajai pasar dengan catatan penjualan sebanyak 90 juta unit.

PlayStation 3 adalah konsol Sony generasi ketiga. PlayStation 3 merupakan penerus dari Playstation dan Playstation 2. Konsol ini bersaing dengan Xbox 360 dari Microsoft dan Wii dari Nintendo.
PlayStation 3 dirilis di Jepang pada tanggal 11 November 2006 tepat pukul tujuh, dan dirilis pada tanggal 17 November 2006 di Amerika Utara (Amerika Serikat dan Kanada),Hongkong dan Taiwan, dan 1 atau 7 Maret 2007 di Eropa dan Australasia, dan wilayah PAL lainnya. PlayStation 3 dirilis dengan 2 tipe, Basic dan Premium/Platinum. PlayStation 3 secara resmi diperkenalkan kepada dunia pada tanggal 16 Mei 2005 di E3. Konfigurasi final pertama dipertunjukkan di TGS (Tokyo Game Show) 2006.
Teknologi terbaru yang digunakan adalah cell processor-nya, tipe prosesor yang benar-benar dioptimalkan untuk melakukan operasi floating point. Berbeda dengan prosesor desktop pada umumnya, kemampuan cell processor PlayStation 3 untuk melakukan operasi floating point sangat baik. Kemampuan cell processor untuk melakukan operasi floating point sangat baik karena cell processor merupakan arsitektur vector processor. Bahkan prosesor yang digunakan pada PlayStation 3 ini merupakan prosesor yang tercanggih saat ini. Selain itu GPU dibuat sendiri oleh Sony yang bekerjasama dengan NVidia.



Era Nintendo Wii


Wii adalah rumah video game konsol yang dirilis oleh Nintendo pada tanggal 19 November 2006. Sebagai konsol generasi ketujuh , terutama Wii bersaing dengan Microsoft 's Xbox 360 dan Sony Playstation 3. Nintendo menyatakan bahwa konsol target yang lebih luas demografi dibandingkan dengan yang lain. Pada tanggal 2010, Wii memimpin generasi di PlayStation 3 dan Xbox 360 dalam penjualan di seluruh dunia, dan pada bulan Desember 2009 memecahkan rekor untuk konsol terlaris dalam satu bulan di Amerika Serikat.
Sebuah fitur yang membedakan dari konsol adalah perusahaan wireless controller, itu Wii Remote , yang dapat digunakan sebagai perangkat genggam pennjuk dan menditeksi gerakan dalam tiga dimensi . Ciri khas lain dari konsol WiiConnect24 , yang memungkinkan untuk menerima pesan dan pembaruan melalui Internet sementara dalam modus siaga.
Wii adalah penerus langsung dari Nintendo GameCube , sepenuhnya backwardly kompatibel dengan semua game Gamecube.


Era Xbox 360

Xbox 360 yang pada saat pengembangan dikenal dengan nama Xenon atau Xbox 2, adalah penerus video game konsol Xbox milik Microsoft. Microsoft secara resmi memperkenalkannya di MTV pada 12 Mei 2005, dan informasi detil mengenai peluncuran dan permainan dibeberkan di akhir bulan yang sama dalam Expo Electronic Entertainment (E3) yang terkenal. Saat dirilis pada 22 November 2005 di Amerika Utara dan Puerto Rico,2 Desember 2005 di Eropa dan 10 Desember 2005 di Jepang, Xbox 360 menjadi konsol pertama yang diluncurkan berbarengan untuk tiga daerah besar. Ia juga merupakan produk pertama game konsol generasi terbaru dan akan bersaing dengan Sony Playstation 3 dan Nintendi Wii. Xbox 360 adalah konsol pertama yang dapat memutar film HD-DVD dengan membeli paketnya terlebih dahulu, yang akan direlease kemudian. Xbox 360 juga adalah konsol pertama yang menggunakan sti wireless. Andalan Xbox 360 adalah grafis dan kemampuan onlinenya.Xbox Live adalah salah satu fitur online yang ditawarkan Microsoft selaku produsennya.




0 komentar:

Posting Komentar

ajak maen hamster ane..!!