YOU ARE WHAT YOU WRITE

Welcome To My World

Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Selasa, 31 Januari 2012

Pemodelan dan Animasi dengan 3D Max

Diposting oleh ron917

3D Max atau 3D Studio Max atau juga sering disebut 3DS max, adalah salah satu software atau perangkat lunak yang sering digunakan oleh para perancang produk untuk membuat animasi atau pemodelan dalam bentuk 3 dimensi.
Aplikasi canggih ini dirilis oleh salah satu perusahaan Autodesk Media & Entertainment yang pada mulanya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. 3D Max merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi modeling untuk membuat model 3D dan paling banyak digunakan oleh perancang yang tersebar di seluruh dunia.
Sejalan dengan berkembangnya teknologi termasuk juga dalam bidang komputerisasi, 3D Max pun mengalami perubahan-perubahan untuk menyesuaikan dengan kemampuan komputer yang semakin tinggi dalam hal grafis. 3D Max dikembangkan dari aplikasi sebelumnya yang bernama 3D Studio for Dos, tetapi aplikasi ini hanya diperuntukkan untuk platform Win32 saja.
Dengan semakin canggihnya kemampuan software ini, maka tidak aneh 3D Max menjadi program animasi komputer 3D dengan penjualan terbesar di dunia. Software ini memiliki kemampuan modeling yang kuat dan merupakan plugin architecture yang fleksibel dan bekerja dengan platform Microsoft Windows. 3D Studio max banyak digunakan oleh para pembuat dan perancang video game, visualisasi architecture, design produk dan juga studio TV untuk pembuatan animasi.
Metode Pemodelan Pada 3D Max
Metode pemodelan yang ada pada 3D max diantaranya yaitu :
•    Pemodelan dengan primitif
•    Surface tool
•    NURMS (subdivision surfaces)
•    NURBS
•    Pemodelan polygon
Pemodelan dengan primitif merupakan metode dasar, yaitu pemodelan yang menggunakan bentuk-bentuk dasar atau primitif. Bentuk-bentuk dasar seperti bentuk kotak, bola, kerucut, limas, prisma silinder dan objek-objek dasar lainnya yang telah disediakan. Dalam metoda ini juga, pengguna bisa menggunakan operasi Boolean, penggabungan, pemotongan maupun pengurangan. Sebagai contoh, dua bola bisa disatukan dan dapat bekerja sebagai blob, hal ini disebut sebagai pemodelan balon.
Pemodelan dengan Mental Ray disebut juga render engine (mesin untuk merender gambar atau video) yang terdapat pada program 3D Studio max selain render standar pada software ini yaitu Default Scanline. Mental Ray sudah disesuaikan dengan program Max sehingga tidak perlu diinstal secara terpisah.
Kelebihan pada metoda pemodelan Mental Ray ini yaitu dapat mengkalkulasi efek global Illumination dan Indirect Illumination, di samping itu juga bisa menggunakan shader pada permukaan gambar atau cahaya. Selain Mental Ray ada render engine lain yaitu V-Ray, Final Render, Maxwell Render, Brasil R/S dan render engine lainnya yang memiliki kecanggihan render masing-masing.
Tips Dasar Penggunaan 3D max
Untuk pemula atau yang baru mengenal dan menggunakan aplikasi ini, jangan berharap bisa langsung membuat suatu animasi atau design 3D yang canggih, karena dalam merancang atau mendesain memakai software itu sangat kompleks sehingga memerlukan waktu untuk membiasakan diri menggunakan software ini. Berikut beberapa tips untuk memulai menggunakan software design 3D secara umum :
  • Kenali spesifikasi software terlebih dahulu mengenai kemampuan komputer minimal yang dibutuhkan sebelum dilakukan install.
  • Kenali icon-icon yang ada pada toolbar sebelum melakukan perancangan, seperti fungsi dan penggunaannya serta posisi pada toolbar untuk memudahkan Anda dalam proses perancangan.
  • Mulailah dengan membuat bentuk-bentuk dasar seperti bola, koya, silinder dan sebagainya.
  • Gunakanlah render-render sederhana terlebih dahulu untuk mengetahui dan mengenal lebih jauh kecanggihan masing-masing fitur.
  • Jangan berhenti ketika ada masalah atau ketidaktahuan, tanyakan pada orang yang sudah ahli, pelajari buku-buku tentang software itu dan ikutilah tutorial yang ada.
sumber : www.anneahira.com

0 komentar:

Posting Komentar

ajak maen hamster ane..!!